Akreditasi program studi akuntansi adalah “ B “ dengan no SK : 157/SK/BAN-PT/Ak- XVI/S/VII/2013 dengan masa berlaku adalah sampai dengan 20 Juli 2018h

Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember telah menjalin kerjasama dengan beberapa instansi pemerintah dan swasta. Kerjasama dimaksudkan untuk melakukan peningkatan kualitas pendidikan dan lulusan, keterampilan staf akademik dan mahasiswa, rekrutmen mahasiswa, pembuatan buku ajar bersama, serta pengadaan kertas kerja laboratorium khususnya program studi Akuntansi. Adapun jenis kejasama antara Fakultas Ekonomi dengan intansi tersebut adalah sebagai berikut.

 

 

 

 

Visi :

Menjadi Program Studi Akuntansi yang unggul dalam ilmu akuntansi di kawasan Jawa Timur dan diakui secara Internasional pada tahun 2030 dan berlandaskan keislaman.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan ilmu akuntansi secara public dan berasaskan nilai-nilai ke-Islaman.
  2. Menerapkan public manajemen kinerja Balance Scorecard dalam menjalankan manajemen program studi untuk mendapatkan ISO 9001/2000 sebagai alat penjamin mutu.
  3. Mengembangkan suasana akademik, kompetensi ilmu akuntansi, bisnis dan soft skills untuk menghasilkan lulusan yang bermutu dan berdaya saing global.
  4.  Mengembangkan kerjasama dalam bidang pendidikan ilmu akuntansi dan bisnis tingkat lokal, nasional dan internasional.
  5. Mengembangkan ilmu akuntansi melalui perekayasaan penelitian dan penerapannya untuk kesejahteraan masyarakat.

Tujuan :

  1. Mengembangkan program pendidikan ilmu akuntansi yang mampu menghasilkan sarjana ekonomi akuntansi yang profesional, berjiwa islami dan berwawasan ilmiah melalui penguasaan ilmu pengetahuan bidang ekonomi dan teknologi.
  2. Mengembangkan dan membina kehidupan masyarakat akademik melalui sistem manajemen yang berazaskan profesionalisme, transparansi dan akuntabilitas.
  3. Mendayagunakan fasilitas pendidikan secara ekonomis, dan produktif dalam rangka mendorong profeionalisme, daya saing dan kemandirian lulusan program studi akuntansi.

Dalam usaha ikut serta menghias wajah kota Jember dalam bidang pendidikan, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember merupakan salah satu dari sekian banyak Perguruan Tinggi di kota Jember.  Keberadaannya dilandasi oleh niat ibadah dari para sarjana Muhammadiyah yang berada di kota ini. Berdirinya Program Studi Akuntansi ini merupakan satu kesatuan dengan berdirinya Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember yang dihajatkan untuk membantu Pemerintah dan Masyarakat dalam memenuhi kebutuhan akan pendidikan bagi Generasi Muda yang haus akan ilmu pengetahuan khususnya bidang Ilmu Akuntansi.

Prodi Akuntansi berdiri tanggal 21 November 1989 dengan nomor SK pendirian program studi 0744/O/1989 dan penyelenggaraan program studi Akuntansi pertama kali pada Agustus 1990. Selama sepuluh tahun pertama Prodi Akuntansi Unmuh Jember berada di bawah pembinaan prodi Akuntansi Unmuh Jember dan telah mencapai berbagai kemajuan yang signifikan.

Pada periode kepemimpinan Ketua jurusan yang pertama, Prodi Akuntansi Unmuh Jember telah secara luas membangun kerjasama dengan prodi Akuntansi PTN terkemuka di Indonesia, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), dan beberapa kantor akuntan publik dalam mengembangkan pengajaran yang relevan bagi para lulusannya. Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember telah mengadakan mengevaluasi relevansi kurikulum nasional untuk jurusan akuntansi yang hasilnya melahirkan sebuah Kurikulum Nasional Akuntansi. Selain itu prodi Akuntansi

Fakultas Ekonomi Unmuh Jember tetap memelihara komitmennya untuk menjaga kualitas pendidikan. Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Unmuh Jember berhasil memperbaiki kualifikasi dosennya.

Pengembangan Jurusan pada masa mendatang, selain tetap berbasis pada kebutuhan internal prodi akuntansi, juga memperhatikan arah pengembangan universitas yang memperhatikan kebutuhan masyarakat seiring dengan perkembangan lingkungan nasional maupun internasional. Disadari bahwa berdasarkan hasil evaluasi diri beberapa tahun lalu, Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Unmuh Jember masih menghadapi kendala, baik internal maupun eksternal, yang untuk itu perlu pembenahan di berbagai bidang. Berbagai pembenahan ini tetap mengacu pada visi dan misi yang telah dibangun sebelumnya secara hirarkis.

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi sebagai bagian dari Universitas Muhammadiyah Jember, telah mengalami pasang surut seiring dengan masalah-masalah yang dihadapi baik secara internal organisasi maupun ancaman eksternal organisasi. Walaupun demikian Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi UM Jember masih berkomitmen kuat untuk menjaga iklim intelektual muslim serta memperkaya proses pendidikan untuk memberikan landasan pengetahuan murni dengan tanpa melupakan nilai-nilai kegamaan. Sebagai bagian dari institusi yang bernaung di bawah Persyarikatan Muhammadiyah, Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember terus tiada henti berusaha untuk meningkatkan dan memperbaiki nilai relevansi pendidikan, atmosfir akademik, efisiensi serta produktivitas program yang dapat terukur.

Agar dapat meningkatkan dan memperbaiki relevansi dari kandungan materi dan proses pendidikan yang ditawarkan, maka usaha yang dilakukan oleh Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember adalah membekali mahasiswa dengan keahlian, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan oleh dunia kerja dengan mengarahkan dan melakukan kegiatan strategis secara berkesinambungan yaitu penerapan teknologi informasi dan kerjasama dengan dunia kerja.

Demikian selayang pandang sejarah dan perkembangan Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember.

Hubungi Kami

Address :

Jl. Karimata No. 49 Jember - Jawa Timur - Indonesia

Phone & Fax :

(0331) 336728 | 337957

Email :

kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Please publish modules in offcanvas position.